Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

BAGIKAN

Share on whatsapp

panduan bijak berselancar

MENGENALI MISINFORMASI BUKAN HAL YANG MUDAH. KITA PERLU SELALU KRITIS DAN TERUS MEMPERTANYAKAN SETIAP INFORMASI YANG KITA TErima, untuk bisa membedakan fakta dan fiksi di lini masa kita.

Berikut 4 hal yang perlu diperiksa, yang bisa membantu kamu mengenali
misinformasi di lini masa.

konteks

Dari mana kamu menemukan informasi ini? Apakah dari kanal berita atau media sosial?

Media sosial bukan sumber informasi yang selalu tepercaya. Penting untuk skeptis ketika mendapat berita dari Facebook, Whatsapp, Twitter, atau media sosial lainnya.

Sumber

Siapa yang membagikan informasi ini? Apakah informasi ini berasal dari tautan orisinil? Atau tangkapan layar? Apakah informasi ini datang dari kanal berita dengan reputasi baik, teman Facebook, atau kanal-kanal yang tidak jelas?

Mengetahui sumber berita sangat penting untuk memastikan informasi yang kamu konsumsi sudah terverifikasi atau tidak. Selalu cek sumber ketika membaca informasi digital.

relevansi

Kapan dan di mana hal ini terjadi? Apakah informasi ini terbaru dan terjadi dekat dengan tempat kamu berada?

Seringkali misinformasi menggunakan kejadian yang berlangsung di masa lalu dan/atau di tempat yang berbeda. Pastikan informasi yang kamu dapatkan benar terbaru dan terjadi di tempat yang sesuai dengan berita.

motivasi

Mengapa ada yang membagikan informasi ini? Apakah ada maksud untuk menyebarkan ketakutan, kemarahan, atau kebingungan?

bagikan

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Penafian

Situs ini tidak menyediakan tes COVID-19. Jika kamu memiliki gejala COVID-19 seperti batuk, sesak napas, dan demam, segera hubungi rumah sakit terdekat. Untuk informasi layanan rumah sakit rujukan, klik tombol di bawah: